Selasa, 10 Desember 2019

Seorang Nenek Penjual Durian

By roma ulina purba
Malam purnama tiba di sebuah gubuk kecil tempat tinggal nenek sukiman dan 4 anaknya. Setiap harinya nenek sukiman berjualan durian tanpa rasa lelah dia pun terus berusaha agar anak anak nya dapat sekolah demikian pula anak anak ny yg sekarang.anak pertama bernama aldi dan anak kedua bernama Roy dan anak ketiga bernama meli anak keempat bernama ica. Keempat anak anak nenek sukiman sekarang telah mengikut bangkui pelajaran..tetapi anak anak kadang tidak menyadari kalau orang tua nya susah. Hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ketahun semua di lewati dengan hati yg tabah rela berkorban demi ke empat anak nya. Akhirnya aldi pun lulus dari pendidikan SMA tapi ia inggin membantu ibunya untuk menyekolahkan ketiga adiknya, aldi pun pergi ke luar kota untuk mencari pekerjaan tapi nenek sukiman tidak rela aldi pergi. " Aldi pun berkata, bu aku ingin mencari pekerjaan agar ketiga adik ku tetap bisa melanjutkan sekolah nya lagi pula tahun depan Roy kan akan lulus juga dari SMA bu beri aku kesempatan untuk pergi bu aku ingin melanjutkan sekolahku di sana aku mohon bu" Ibu pun menjawab" Nakk apapun yg ingin kw lakukan ibu akan memberikan ijin kepada mu untuk melanjutkan cita cita mu di sana tapi ingat kamu harus rajin beribadah jangan sombong jika kamu sudah sukses nantinya kamu harus ingat pesan ibu ini jangan siapa siakan ajaran ibu kepadamu.. Terima kasih banyak bu ibu percaya ke pada aldi. Aku janji bu aku tidak akan lupa kepada semua ajaran ibu kepada ku selama aku sekolah hingga pada saat ini lbur slalu mensuport aku makasih banyak bu". Keesokan harinya aldi pun berangkat ke luar negeri untuk mencari pekerjaan. Aku harus bisa menyambung hidupku di sana kasihan ibu slalu tersedih lelah, kepanasan semoga ibu tetap sehat dan bisa melihat aku sukses. Setelah aldi sampai di jakarta ia pun melamar pekerjaan di sebuah pembangunan hotel di jakarta. Dia pun di Terima kerja di pembangunan hotel itu. " Udh hampir dua bulan aldi tidak memberi kabar ke pada kami apakah di sehat atau tidak. " Naak ibu sangat kangen sama kamu entah di mana kau sekarang. "ROI bertanya ke pada ibu? Bu, kok kak aldi tidak pernah pulang bu aku sudah merindukan kakak bu?. Ibu pun tak tau kabar kakak kamu " Apakah kamu sudah belajar Roy? Sudah bu, adik adik kamu dimana? Di kamar bu sedang belajar. Kak aldi kok ngk pernah pulang kak, " Tanya ica" Kak aldi itu sedang bekerja cara jadi dia tidak bisa pulang. " Ibu pasti sudah sangat rindu kepada ku, padahal aku gk bisa pulang sekarang maaf kan aku ya bu pasti ibu sedang susah sekarang!!. Aku harus bisa semangat dalam bekerja di sini. Pak ahmat: aldi gaji kamu dalam satu bulan ini Aldi : makasih banyak pak Pak ahmat: kerja kamu sangat lh baik dalam berapa bulan ini, " Apakah kau tidak ingin pulang ke kampung halaman mu? Aldi: tidak pak saya harus mengumpulkan banyak uang dulu baru saya bisa pulang untuk membangun rumah saya agar lebih sempurna. kamu sangat luar biasa orng tua kamu pasti sangat bangga melihat anak ny sukses. Makasih banyak pak sekali lagi. " Saya berniat untuk menaikkan derajat kamu di kantor ini, saya ingin menaikkan derajat kamu sebagai manager di kantor ini, saya rasa kamu pantas mendapat kan semua itu. " Makasih banyak pak saya akan bekerja semaksimal mungkin sambil menerus kan kuliah saya. Baik selesai kan semua pekerjaan kamu sekarang. " Baik Pak. " Saya permisi dulu. Aldi pun akhirnya bisa mengumpulkan uang yg banyak dan bisa membeli peralatan untuk membangun rumah dan untuk membeli mobil, saya akan pulang minggu depan saya sudah sangat rindu dengan keluarga ku. Akhirnya semua ke ingin inan ku dapat terkabul, aku harus bersyukur kepada Tuhan yg maha Esa yg telah memberikan aku berkat yg sangat berlimpah kepadaku. Bu. Bu. Bu. Aku pulang bu " Anakku akhirnya kamu pulang dengan penampilan yg sangat berbeda. " Kak ini mobil siapa kak? Ini adalah mobil kakak dee hasil kerja kk selama ini. Wahh bagus sekali kak! Apakah kita bisa jalan jalan? Tentu saja bisa, asalkan kalian rajin belajar agar kalian bisa kaya kakak sekarang ini, " Bu aku sudah mengumpulkan banyak uang untuk membangun rumah kita bu? Sangat mulia hati mu nak! Bu ini semua karena dukungan dan dia ibu dalam mendidik kami anak anak mu bu! Kami ingin ibu tetap sehat agar ibu dapat melihat kami semua sukses nantinya. " Bu kenapa ibu menangis bu, ibu kenapa apakah ada yg ibu pikirkan?? Tidak tidak ya sudah kalau begitu bu Selesai membangun rumah akhrny semua cita cita anak ku tercapai. Akhirnya kami bisa hidup dengan berkecukupan ibu tidak perlu lagi berjualan buah durian, sekarang ibu bisa duduk manis dengan melihat kami sukses, makasih banyak anakku tersayang. Bu minggu depan aku ingin mengenalkan calon istri ku kepada ibu" Iya kak ibu pasti selalu mendukung semua yang dapat ibu bantu. " Bu kok kak aldi tidak pulang bu inikan sudah satu minggu bu", dia mungkin sibuk nakal kita tunggu aja ya nak?. Bu. Bu. Bu. Aku sudah membawa calon istri ku bu.. Bu aku tania pacar aldi bu salam kenal bu, . Iya nak ibu pasti restui pernikahan kalian tapi kalian harus ingat tidak boleh sombong? Iya bu pasti. Anakku aldi akhirnya menikah dengan tania, semoga mereka bahagia selamanya. Ternyata pengorbanan ku selama ini tidak siap siap akhirnya aku pun di masa tua ku bisa sebahagian ini sekarang. Pengorbanan tidak akan sia-sia kalau kita bisa bersabar. Penulis adalah siswa SMA N 1 PURBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekolah ku Ibadahku

Oleh 'Liani sinaga' Pagi hari yang cerah,aku duduk di depan Kelas ku b...