Minggu, 11 Oktober 2009

KOMUNITAS PENULIS ANAK KAMPUS (KOMPAK) REKRUT ANGGOTA BARU GUNA MELAHIRKAN PENULIS MUDA

Regenerasi anggota komunitas penulis anak kampus (KOMPAK) yang pertama kalinya telah dilaksanakan di Universitas Negeri Medan, Minggu 10 Oktober 2009. KOMPAK sebagai organisasi kepenulisan antar kampus, seperti yang tertuang dalam anggaran dasarnya merupakan organisasi kepenulisan yang membentuk insan-insan penulis dari kalangan kampus. Dalam hal ini organisasi berkonsentrasi membina mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kepenulisan guna melahirkan penulis-penulis muda.

Seleksi yang dilaksanakan akan berlanjut hingga disahkan menjadi anggota komunitas. Untuk seleksi tahap awal (wawancara), KOMPAK meluluskan 28 anggota dari total yang mendaftar sebanyak 48 orang. “Sebenarnya cukup banyak dan tinggi potensi menulis yang tersimpan pada diri mahasiswa di Medan namun karena itu tidak didongkrak, potensi itu akhirnya tertanam begitu saja sehingga banyak lulusan dari perguruan tinggi terutama lulusan program kependidikan munafik. Artinya, mengajarkan menulis terhadap peserta didik, tetapi dia sendiri tidak pernah menulis. Tentunya menulis dalam hal ini adalah proses penciptaan karya dalam bentuk tulisan.” Tutur ketua KOMPAK, Sri Rizky Handayani, Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Setelah seleksi tahap awal akan diadakan kemah menulis (writing camp) dalam waktu dua minggu kedepan yakni 23 Oktober mendatang. Setelah itu akan dilakukan pelatihan rutin dalam bidang kepenulisan. “Ini konsisten, sekarang anggota KOMPAK sudah berasal dari lima universitas di Medan. Unimed, UMSU, Nomensen, Micro Skill dan IAINSU. Di sinilah kita menumbuhkan kemampuan menulis dan berusaha bersama untuk berkarya!” Lanjutnya.

Hingga sekarang ini, berbagai prestasi telah diukir para anggota KOMPAK. Beberapa karya mereka telah masuk dalam antologi cerpen, terpublikasi di media massa (Koran) lokal serta ada juga yang langsung terpublikasi di blog KOMPAK yakni serambikompak.blogspot.com dan cintabahasadansastraindonesia.blogspot.com . Selain Anggota komunitas ini juga menjuarai beberapa perlombaan di Medan.

Ketika ditanya tentang program selanjutnya, ketua kedua setelah Dani Sukma ini mengatakan bahwa akan diadakannya penerbitan antologi karya komunitas selain diadakannya kemah menulis, pelatihan ruti, dan aktivitas teater. “Lihat saja gebrakan KOMPAK kedepan…,” tuturnya mengakhiri pembicaraan. (Rudi || cintabahasadansastraindonesia.blogspot.com)

1 komentar:

  1. kereen ya bang....
    aku akan terus menulissss

    (Nainggolan, ranah kompak)

    BalasHapus