Sabtu, 21 November 2009

puisi

DEDIKASI SEORANG PAMONG
Untuk taman siswa

Pagi menjagamu dari tidur
Dinginnya air mengguyur tubuhmu
Kau kenakan seragam batik kebanggaanmu
Di bayangmu ada harapan cerah

Anak bangsa
Kau cium jemari ibu sebelum engkau berangkat
Tak lupa ibu merogoh saku,
Atau meminjam demi cita-citamu
Tatapannya iba, cemerlang tiada tara

Sedang di sana
Pamong, pelita hidup berdiri setia menunggumu
Pagi buta dia bergegas
Siap untuk masa depanmu, membangun jembatan lorong kehidupan

Tapi kenapa engkau ingkar anakku
Bertindak semaumu melepas moral edukasi
Dimana tekadmu kemarin?
Tidakkah engkau ingat pesan ibu tadi pagi?!
Yang tidak pernah bisu, selalu berdoa untukmu
Harapan ibu ada di pundakmu
Anakku, aku tidak mau kelak kau manjadi TKI
Yang disetrika, diperkosa, ditipu majikan karena kebodohan
Aku tidak mau kau menjadi peminta-minta, menjadi tikus yang menggerogoti kekayaan bangsa ini
Jangan kau jadi pembantu di negerimu
Jadilah anak indonesia, generasi terbaik bangsa

Lihatlah betapa setianya pamongmu
Meninggalkan keluarga di pagi hari mendidikmu
Menanamkan dedikasi tanpa batas
Pintal semangat untuk memotivasimu
Merajut martabat bangsa dalam hidupmu

Jiwa mereka mengalir
Menumpu harap bersamamu

Setiap detak nadinya
Diabdikan untukmu
Betapa mulianya mereka, pamongmu

Karya Rudi Saragih

Jumat, 13 November 2009

Esai

Konsistensi mendatangkan perubahan
Oleh Kimura Patar Tamba (KPT)*

Diakhir ceritanya sang sutradara menyampaikan pesannya melalui film ini.
“Apakah yang membuat manusia itu menjadi manusia sejati, apakah karna kemampuannya, kedudukannya, ataukah latar belakangnya? Yang membuat manusia itu menjadi manusia sejati adalah karena pilihannya.” Tentu kita sudah tahu bahwa ini adalah penggalan dialog dalam film HellBoy.
Saya rasa banyak benarnya, bahwa yang menentukan siapa kita adalah pilihan kita. Apakah kita memilih untuk memposisikan diri sesuai dengan posisi kita. Apakah kita memilih untuk sungguh-sungguh sekolah atau tidak, apakah kita sungguh-sungguh mengajar atau tidak itu semua tergantung pilihan kita. Bukan semata-mata karena kemampuan kita, karena ternyata banyak orang yang berkemampuan di atas rata-rata justru berada di bawah rata-rata.
Memang sulit untuk menjatuhkan pilihan, perlu komitmen. Karena suatu pilihan adalah komitmen, pilihan tanpa komitmen adalah membual. Berkomitmen untuk melakukan dan menghidupi pilihan itu, karena Tuhan pun mengijinkan kita dalam keadaan sekarang semua adalah untuk yang terbaik bagi hidup kita. Hanya saja apakah kita menghidupi pilihan itu atau memungkirinya. Sikap kita terhadap pilihan kitalah yang mempengaruhi keadaan kita sekarang, karena banyak yang mengeluh akan keadaannya, ingin melakukan perubahan tetapi malah tekungkung dalam keadaan yang semakin rumit.
Tidak perlu suatu kejadian untuk memulai suatu perubahan tetapi konsistensi untuk memegang komitmen dari waktu ke waktu akan memberi perubahan yang besar.
Terkadang kita menunggu-nunggu suatu kejadian untuk bisa merubah diri kita, bukan hanya itu sering kali kita mengharapkan perubahan itu datang menghampiri kita seperti sulap atau mujijat semacam itulah. Jika kita menunggu-nunggu ada suatu moment,memang baik bahkan perlu, tapi sampai kapan moment itu datang?
Konsistensi dalam memegang komitmen itulah yang akan membuat suatu perubahan, apakah kita konsisten untuk komitmen kita sebagai siswa, sebagai guru, sebagai mahasiswa, dll. Pilihan kita untuk menduduki posisi kita direpresentasikan dalam sebuah komitmen. Komitmen sebagai siswa tentu adalah belajar keras, komitmen sebagai guru adalah mengabdi, dll. Hanya saja banyak yang tidak menyadari komitmen dalam posisinya.
Tentulah komitmen dipresentasikan oleh suatu sikap, karena secara defenisi pun berkata demikian bahwa komitmen adalah kesesuaian perkataan dengan tindakan.
Setelah pilihan kita jatuhkan, biarkan waktu yang menjawab apa selanjutnya karena kualitas perubahan itu tidak hanya bicara prestasi tetapi juga proses pendewasaan. Mungkin saja perubahan itu mengarah kegagalan tetapi mari melihat bahwa kegagalan itu adalah keberhasilan juga.
Dan akhirnya, mari kita renungkan perkataan dari mantan Presiden Amerika ini :
“Dalam hidup ini,tugas kita adalah bekerja keras sisanya biarkan Tuhan yang mengerjakannya”
(Dwight David Eisenhower).

*Mahasiswa Jurusan Matematika Unimed’06

Kamis, 12 November 2009

Inisiatif

Profil Redaktur Majalah Inisiatif Taman siswa Tebing Tinggi

Rudi Hartono Saragih
Lahir di Sipolin, 26 Desember 1986, mahasiswa berprestasi di UNIMED (2009) dengan karya tulis ilmiah yang berjudul “Setiap Sekolah Menghasilkan Komunitas Penulis “. Beliau adalah penggagas majalah Inisiatif sekaligus menjadi pembimbing Majalah Inisiatif Taman Madya.Motto beliau “ Berkaryalah selama jantung masih berdetak “ Dan selalu berpesan “Ayo anak-anak Inisiatif lanjutkan ke Edisi berikutnya”.

Evans Sinaga
Lahir di kota Roti Ganda, Pematang Siantar,28 juli 1988,beliau merupakan Mahasiswa di UNIMED Fakultas Bahasa Dan Seni jurusan Bahasa dan Sastra,beliau adalah penggagas majalah Inisiatif bersama Rudi Hartono Saragih,sekaligus sebagai Pembimbing Majalah Inisitif Taman Madya.Motto beliau “ Lebih baik menjadi kepala semut dari pada menjadi ekor gajah “

Rahmadani,AR
Lahir di Tebing Tinggi,14 september 1992,beliau adalah siswa di Taman Madya SMA Tamansiswa,menjabat sebagai ketua Bidang Ketaqwaan tehadap Tuhan YME PPTS Cabang Perguruan Tamansiswa periode 2008/2009,membuat karya cerpen berjudul “Perjuangan hidup Dan sebuah pilihan”,.Beliau resmi menjadi Pimred (Pimpinan Redaksi) Pertama Majalah Inisiatif Taman Madya setelah di lantik oleh kepala Bagian Taman Madya,Motto beliau “ Berkarya dan berinovasi melalui dunia Sastra “

Cut Sriwahyuni
Bergabung dalam Majalah Inisiatif sebagai Staf Redaksi,mengemban Motto “Jadilah dirimu sendiri,dan raihlah prestasimu semampumu”
Erni Hesiningsih
Lahir di Pulau Burung Kalimantan,17 juni 1993,merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa.pernah menjadi juara lomba pembacaan puisi tingkat kota. Resmi menjabat sebagai Bendahara Majalah Inisiatif Taman Madya setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya. Motto beliau “ Jangan pernah meninggalkan orang yang kamu cinta demi orang yang kamu suka,karna suatu saat nanti orang yang kamu suka akan meninggalkanmu demi orang yang dia cinta “

Nur’aliyah
Lahir di Tebing Tinggi,27 februari 1992,beliau merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa,pernah menjadi perwakil pramuka Kota Tebing Tinggi dalam PETRA se-Sumatr Utara di Tapanuli selatan tahun 2009,menjadi anggota Majalah Iniiatif Taman Madya setelah dilantik oleh kepala bagian Taman Madya Motto beliau “ Tiada hari tanpa menulis dan berkarya,teruslah berkrasi melalui inisiatif “

Susanti
Lahir di Lubuk Pakam,27 februari 1992. Sastrawan muda ini baru saja menyabet juara III lomba cipta dan baca puisi PPL-T Cup Unimed 2009 se-kota Tebing Tinggi. Motto beliau “ kenali dirimu sendiri sebelum orang lain menggenali dirimu “

Imam Wahyu Utomo
Layouter kita yang satu memiliki semangat yang tinggimengikuti seminar UKS mewakili Perguruan Tamansiswa dan Kota Tebing Tinggi tahun 2009. Mottonya “Jadilah seseorang yang mengharumkan nama bangsa melalui sastra dan bahasa”. Lahir di Tebing Tinggi, 9 April 1993.


Fitri ramadani
Lahir di Tebing Tinggi,12 Maret 1993,beliau merupakan siswi SMA Tamansiswa,resmi menjadi anggota majalah Inisiatif setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya,Motto beliau “ Lakukan kegiatanmu dengan rasa cinta “

Fajar Rizky
Lahir di Tebing Tinggi,26 Desember 1993,merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa,resmi menjadi anggota Majalah Inisiatif bagian Redaktur Non fiksi setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya. Motto beliau “ Jadilah diri sendiri jagan menjadi orang lain “

Ade Lidya Siregar
Gadis manis ini lahir di Pabatu 29 Desember 1994, Menjadi juara umum mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolh menengah Atas. Motto beliau “ Hidup merupakan sebuah misteri yang sulit terungkap “

Eva Wati
Lahir di Aceh Singkil,NAD 28 Februari 1992,merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa Tebing Tinggi,merupakan anggota IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) yang setiap tahun selalu mengadakan acara dan selalu diutus mengikuti acara Musda (Musyawarah daerah) menjadi Reporter Majalah Inisiatif dan MADING.Motto beliau “ Teruslah berjuang meraih cita-cita dan tersenyumlah dalam menjalani hidup “


Kiki Desiana Siregar
Lahir di Tebing Tinggi, 10 Desember 1992, beliau merupakan siswi taman madya SMA Taman Siswa. Motto beliau “jagalah cinta sejatimu dengan sepenuh hati”.
Erwinda
16 November 1991 adalah hari kelahirannya. Menjadi pengisi acara seni dan budaya pada pekan raya jakarta Tahun 2007, mengisi acara seni budaya di Penang Malaysia, Sumut EXPO 2009 di Balai Kartini Jakarta. Menjadi Juara I lomba tari daerah se-Sumatera Utara, dan masih banyak prestasi dibalik bakatnya. “Jangan pernah menyerah sebelum kamu berusaha”. Itulah kata-kata bijak yang dia pegang.

Suhariyati
Lahir di Suka Damai, 16 Mei 1993. Menjadi juara harapan di dalam bidang pendidikan. Dinobatkan menjadi anggota Inisiatif karena semangat yang tinggi. Motto yang dia embannya “Hidup adalah tantangan yang perlu kita hadapi”.

Cut Siti Mardhatillah
Kota Lemang, Tebing Tinggi, adalah tempat kelahirannya. Tepatnya 20 Mei 1992. Pernah Mewakili Tamansiswa dalam olimpiade matematika tahun 2008. “Sebuah karya besar akan lahir dari orang-orang yang memiliki jiwa besar”.

Maulida Nuraini
Lahir di Tebing Tinggi,26 Agustus 1994. Menjadi anggota PTN (Persatuan Tari Nasional) beliau pernah mengisi acara tari di Kalimantan. “Kesuksesan bukanlah kunci dari kebahagiaan tapi kebahagiaan adalah awal dari kesuksesan”.

Muhammad Ridho
Merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa, lahir pada tanggal 1 Desember 1994,di kota jasa Tebing Tinggi. Pria tampan ini bercita-cita menjadi seorang guru. Motto beliau “Ingin membahagiakan orang tua dan menjadi anak yang mandiri”.

Nurul Khotimah
Lahir di Sibulan,28 September 1992,merupakan anggota Drum Band Gita Tata Ngesti Tunggal (GTNT) Perguruan Tamansiswa Cabang Tebing Tinggi. Motto beliau “Jangan pernah berkata tidak bisa,sadarilah bahwa kegagalan merupakan sesuatu yang tertunda”

Nanda Dwi Astrid
Kelahiran Kota Tebing Tinggi tepatnya 3 juni 1993,menuai prestasi dalam bidang pendidikan dan seni budaya.Menjabat sebagai Bendahara PPTS Taman Madya.” Jadilah orang yang berguna bagi orang banyak” merupakan Mottonya.

Candra Wibowo
Lahir di Bandar Bejambu,25 Desember 1993,pernah mengikuti kontes Mayoret Open Top Drumband 2006.Mottonya “Belajar adalah nafasku,belajar adalah kebutuhanku”

Apriandi
Lahir Di Tebing Tinggi,5 November 1992,resmi menjadi anggota Inisiatif setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya.Motto beliau “Terus berusaha walau tidak ada kesempatan lagi”.
Suheri
Lahir di Pabatu,25 Desember 1994,merupakan siswa Taman Madya,menjadi anggota Majalah Inisiatif Periode 2009-2010. “Ingin menjadi anak yang membanggakan”.

Rena Pratiwi
Merupakan siswi Taman Madya kelas XI IPA,lahir di Tebing Tinggi,5 juni 1993.Bermandad “Raihlah cita-citamu sampai ke negri cina “.
Herwandi Manalu
Siswa kelahiran Tebing Tinggi,1993 ini merupakan calon pengurus Majalah Inisiatif berikutnya bukan hanya beliau tapi seluruh siswa kelas X,Motto beliau “Jadilah orang yang benar-benar membanggakan nusa dan bangsa”

Bella Amanda
Lahir di Tebing Tinggi,1 November 1994,menjadi anggota PPTS Taman Madya dan Majalah Inisiatif setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya Ki Drs. Bambang L Ratanto.Motto beliau “Tanamkanlah sikap untuk menjadi anak yang bertanggung jawab”

Novi Rinanda
Laihir dikota perlintasan Tebing Tinggi,7 November 1991.Merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa Tebing Tinggi,Motto beliau “Selalu berantusias dalam melakukan kegiatan”

Gunawan A.Rangkuti
Merupakan Ketua PPTS Taman Madya terpilih periode 2009-2010.Lahir di Paya Pinang,Serdang Bedagai,10 September 1993, menjadi juara harapan I dalam lomba Pidato tentang “Kedisiplinan dalam pendidikan” pada Pekan Olahraga Tamansiswa(POPTAS) ke-IX se-SUBARIA (Sumatra Utara,Sumatra Barat,Riau dan Aceh)di Pematang siantar tahun 2007 “Janganlah mengangaap sesuatu remeh” merupakan Mottonya.

Rahmayanti
Merupakan siswi Taman Madya SMA Tamansiswa,menjabat sebagai Sekretaris PPTS Taman Madya,merupakan atlit Bulutangkis kota Tebing Tinggi yang menjuarai setidaknya mengantongi 5 buah Tropi,1 buah mendali,6 buah sertifikat baik dari Pemerintah kota Tebing Tinggi maupun Pemerintah Daerah Sumatra Utara.Motto yang diemban beliau “Kegagalan merupakan awal dari keberhasilan,jadikanlah kegagalan sebagai batu loncatan menuju keberhasilan”

Japensius Sinaga
Lahir di Ravah 9 September 1990,merupakan siswa Taman Madya SMA Tamansiswa Tebing Tinggi.Resmi menjadi anggota Majalah Inisiatif setelah dilantik oleh Kepala Bagian Taman Madya.Motto beliau “Raihlah cita-citamu setinggi langit dan terus berusaha walau sering terjatuh”


Riny Susanti
Beliau lahir diMonako dan berdomisili di Monako lahir pada tanggal 22 mei 1993,merupakan siswa SMA Tamansiswa Tebing Tinggi.selalu mejadi juara I dalam bidang pendidikan sewaktu sekolah Dasar.menjadi anggota Inisiatif terhitung setelah dilantik tanggal 6 November 2009.



Arlina Balqis
Siswi kelahiran Tebing Tinggi,26 Februari 1992 ini memiliki segudang prestasi dalam bidang pendidikan dan seni,pernah mengisi acara SUMUT EXPO 2009 di Jakarta Pusat.Motto beliau “Jangan pernah merasa puas dengan apa yang kamu raih,tapi tetaplah syukuri apa yang sudah kamu miliki dan berusaha menjadi yang terbaik”

















Harry Dixon
Beliau merupakan siswa Taman Madya,menjabat sebagai Ketua PPTS Cabang Perguruan Tamansiswa periode 2008-2009.tercatat sebagai anggota PASKIBRAKA Kota Tebing Tinggi Tahun 2008.”Berfikir Cerdas,bekerja keras,dan beramal ikhlas” merupakan Motto yang diembannya.


Desriana SR Mentari
Lahir tanggal 1 Desember 1992,menjadi anggota Majalah Inisiatif setelah dilantik oleh kepala Bagian Taman Madya.untuk Motto yang pastinya beliau berharap Majalah Inisiatif harus tetap menjadi Majalah yang memiliki inovasi dari siswa yang kreatif”



Nidya S Harahap
Merupakan siswi kelas XI IPA SMA Tamansiswa Tebing Tinggi,lahir Tanggal 28 januari 1993.resmi menjadi Anggota Majalah Inisiatif setelah dilantik. Beliau berharap agar Inisiatif semakin MAJU…!!!